God With The Real Adventurer.....

EKSPEDISI 2012

Rabu, 13 Februari 2013

Pendakian Gunung Gede 2958 mdpl jlr. Cibodas



PENDAKIAN JALUR CIBODAS
pintu gerbang TNGP cibodas
 
 Cibodas adalah sebutan untuk jalur yang satu ini karena disini terdapat Kebun Raya Cibodas (Cibodas Botanical Garden), terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur. Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian 1.275 m dpl, bersuhu udara 17 - 27 derajat Celcius.

Kebun ini didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

untuk yang ingin liburan alam saya menyarankan naik gunung gede pangrango lewat jalur cibodas, karena di cibodas ini memang tempat wisata dikaki gunung anda dapat berbelanja oleh oleh khas TNGP maupun bogor.

untuk jalur pendakian jalur cibodas memang sedikit lebih jauh jarak tempuhnya ketimbang jalur gn. putri tetapi jalur ini mudah dilalui dan kurang menanjak jalannya.
jadi santai saja lewat jalur cibodas ini.

jalur cibodas ini memiliki beberapa pos, dan posnya pun lumayan luas dibandingkan dengan pos pos gn. putri. jalur cibodas ini pun memiliki air terjun yang menarik karena terdapat 3 air terjun yang menghadap matahari serta debit airnya selalu tinggi. air terjun ini di sebut air terjun cibeureum karena pada batu alam yang berada disekitar air terjun berwarna merah, warna merah itu di akibatkan air yang mengandung sulfur atau belerang dan hidrokarbon lainnya.

di air terjun inipun terdapat spesies katak yang endemik, katak ini memiliki suara yang khas biasanya mereka akan bersuara pada sore hari atau setelah hujan berhenti.

air terjun cibeureum

 Jalur Cibodas
A. Aksebilitas
            1. Terminal Baranangsiang (Bogor) – Simpang Cibodas (Cianjur)
                        * Naik L300 jurusan Cianjur
                           Biaya                        : Rp. 15.000-20.000/orang
                           Waktu           : 2,5 jam
                        * Naik bis ekonomi jurusan Bandung
                           Biaya                        : Rp. 15.000-20.000/orang
                           Waktu           :  3 jam
                        * Dari Pasar Ciawi, naik bis jurusan Bandung/Garut/Tasik
                           Biaya                        : Rp. 12.000-15.000/orang
                           Waktu           : 2,5 jam
            2. Simpang Cibodas – Kantor Taman Nasional Gede Pangrango
                        Naik angkot warna kuning (Cibodas - Rarahan)
                        Biaya               : Rp. 3.000-5.000/orang
                        Waktu              : 20 menit

setelah verivikasi simaksi pendakian dimulai.
pertama tama jalur pendakian ini bermedan tangga yang terus lurus ke atas cukup jauh berjalan setelah melewati tangga anda akan berjalan di jalan jembatan kayu yang panjang. setelah itu selesai anda akan melewati telaga bitru disitu ada danau yang airnya berwarna biru kasusnya sama seperti air terjun.

lewat dari situ anda akan sampai pada pos panyancangan, itu pertigaan jika lurus melanjutkan ke pos selanjutnya dan jika belok ke air terjun cibeureum.

lewat dari panyancangan anda nantinya akan melewati air panas, anda harus ekstra hati hati di sini karena jika anda lalai anda bisa terperosok ke dalam jurang sebelah kanan. air panasnya pun mengalir dari atas ke jalan kita jadi disarankan memakai rain coat atau jaket agar tidak terkena air panas.

setelah lewat air panas anda akan sampai pada pos Kandang Batu di pos ini suasananya begitu rimbun dan lembab jadi udara di sini akan lebih dingin di banding pos selanjutnya yaitu pos Kandang Badak.

Kandang Badak adalah pos peristirahatan biasanya para pendaki sering berkemah disini sebelum melanjutkan perjalanannya. waktu yang di tepuh dari cibodas sampai kandang badak ini sekitar 7 jam jika berjalan normal.

Kandang Badak di ambil karena dahulu seorang pendaki asal eropa mendaki gunung ini menemui dua badak jawa disini akhirnya disebut Kandang Badak.

setelah dari kandang badak anda tinggal menemui pertigaan yang jika ke kanan ke gede yang kiri ke pangrango. jarak tempuh ke gede sekitar 1 jam jika ke pangrango 5 jam.

saya sarankan bawa perbekalan lebih melewati jalur ini.


sekian informasi dari saya.
bila artikel ini bermanfaat bagi anda / anda ingin share silahkan beri komentar dengan baik.
terimakasih





           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar